News

News

Sort by time

Search by keywords

28Nov

Revolusi Mental Dilakukan Konsekuen

government, Democracy, leadership, political

Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar setelah negara Amerika Serikat dan India, sejarah menceritakan bahwa negara Indonesia pernah mengalami masa-masa berat dimana masyarakat tidak dapat menjalankan proses demokrasi dengan baik sesuai dengan prinsip pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Sebelumnya, selama tiga puluh tahun lebih pada era Orde Baru, kekuasaan terpusat pada seorang pemimpin saja dan kebebasan individu sama sekali tidak dihargai. Era Reformasi tahun 1998 merupakan titik balik bagi negara Indonesia untuk meninggalkan era yang serba tertutup dan tidak transparan, dimana komunikasi antara pemimpin dengan rakyat berjalan amat buruk dan lebih bersifat kepada instruksi daripada dialog dan silang pendapat.

Read more

16Nov

Menuju Indonesia Emas

social, political, government

Begitu cepatnya waktu berlalu sejak kemerdekaan RI di tahun 1945,Indonesiaakan menyambut peringatan kemerdekaan yang ke-100 pada tahun 2045 mendatang. Harapan Indonesia Emas adalah negara ini menjadi makmur, maju, dan sejahtera pada peringatan kemerdekaan yang ke-100 nanti.

Read more

29Mar

Akankah Hukuman Mati Dihapuskan

Democracy, laws, government, political, humanrights

Semenjak terpilih pada tahun 2014 sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7, terdapat wacana penghormatan dan penegakan hak asasi manusia sebagai bagian dari reformasi sistem dan penegakan hukum di Indonesia di dalam Program Nawacita Jokowi-JK. Namun di era pemerintahan yang sama,Indonesiajustru melaksanakan eksekusi hukuman mati hingga tiga tahap terhadap lebih dari 60 terpidana mati kasus narkotika. Di tahun 2017 sendiri, ada 25 terpidana mati kasus narkotika yang akan segera dieksekusi. Pemerintah memiliki misi untuk berperang melawan kejahatan narkotika karena menurut statistik, setiap hari puluhan orang meninggal diIndonesiakarenanya. Ancaman hukuman mati diyakini akan menimbulkan efek jera bagi para pelaku kejahatan narkotika lainnya di Indonesia.

Read more

10Feb

Biarkan Hukum Berbicara Dalam Kasus Penodaan Agama

political, social, laws, government

Menjelang usia kemerdekaan yang ke-72 sebagai sebuah negara kesatuan Republik Indonesia, kematangan segenap bangsa dalam berdemokrasi di negara ini sedang betul-betul diuji. Hal ini terkait dengan ketegangan yang terjadi akibat dugaan penodaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama.

Read more

Close

Search